Lihat Semua : infografis

HKSN 2022: Bangkit Bersama Membangun Bangsa


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.118


Indonesiabaik.id - Setiap tanggal 20 Desember diperingati sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang bertujuan sebagai upaya untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia.

Kenapa Ditetapkan HKSN?

Perang mempertahankan kemerdekaan yang terjadi dari tahun 1945 hingga tahun 1948 mengakibatkan permasalahan sosial semakin bertambah jumlahnya. Oleh sebab itu, pada bulan Juli 1949 di kota Yogyakarta, Kementerian Sosial mengadakan Penyuluhan Sosial bagi tokoh-tokoh masyarakat.

Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh didalam masyarakat perlu dilestarikan dan diperkokoh. Untuk hal tersebut, maka Kementerian Sosial berinisiatif membuat Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik atau Sikap Sosiawan yang diciptakan pada tanggal 20 Desember 1949.

Bagaimana HKSN Tahun Ini?

Peringatan HKSN Tahun ini mengangkat tema Bangkit Bersama Membangun Bangsa. Dengan tema ini menegaskan pesan bahwa Indonesia mampu pulih secara bertahap kembali menyusun tatanan kehidupan bermasyarakat, bertransformasi lebih kuat dari sebelumnya, dan membuktikan bahwa yang paling utama dating dari nilai kesetiakawanan untuk #BangkitBersamaMembangunBangsa, yang mendorong satu sama lain kearah yang lebih baik, demi terwujudnya cita-cita Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Logo HKSN 2022

1. Orang Bersorak

Melambangkan masyarakat Indonesia menyemarakan hari kesetiakawanan social nasional dengan suka cita.

2. Empat Orang Berkumpul Bersama, sebagai makna solidaritas dan kebersamaan masyarakat Indonesia yang saling berkumpul satu sama lain untuk #BangkitBersamaMembangunBangsa.

3. Ceklis dan Bulat

Menandakan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang dilaksanakan bersama-sama dengan tujuan kebenaran dan kebaikan.



Infografis Terkait