Lihat Semua : infografis

In Line Inspection Untuk Akselerasi Ekspor


Dipublikasikan pada 6 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Gemawan Dwi Putra /   View : 3.831


Indonesiabaik.id - Ekspor merupakan salah satu mekanisme untuk meningkatkan kesejahteraan petani disamping untuk menambah devisa negara. Oleh karena itu Badan Karantina Kementerian Pertanian Republik Indonesia berkomitmen untuk menjadikan tahun 2018 sebagai tahun akselerasi atau percepatan ekspor.

Karenanya Badan Karantina Kementerian Pertanian memperkuat In Line Inspection bekerja sama dengan negara tujuan ekspor guna mempercepat waktu bongkar muat barang di pelabuhan (dwelling time). In line Inspection adalah inspeksi menjelang penerbitan surat karantina tumbuhan atau sertifikasi fitosari sebagai jaminan mutu terhadap barang ekspor.

Dalam sistem ini, inspeksi terhadap barang ekspor dilakukan sebelum proses pengepakan sehingga administrasi menjelang ekspor bisa dipersingkat hingga separuhnya. Sistem ini memungkinkan pemeriksaan dilakukan sebelum proses pengemasan, sehingga waktu bongkar muat di pelabuhan ekspor dapat dipersingkat.

Dalam in line Inspection, pemeriksaan dilakukan terhadap seluruh sektor hasil pertanian yang akan diekspor. Pemeriksaan dilakukan dari hulu hingga hilir secara rutin meliputi penggunaan pestisida, penanganan pascapanen dan proses pengemasan. Tahun ini, Badan Karantina menggagas agar proses pengecekan rutin dapat dilakukan dua pihak, oleh internal perusahaan pengekspor yang telah dilatih oleh Badan Karantina dan petugas dari Badan Karantina setempat. Laporan hasil inspeksi dan penerbitan surat keterangan lolos inspeksi dari Badan Karantina dilakukan secara online.



Infografis Terkait