Lihat Semua : infografis

Indonesia: Negara 4 Besar Startup Dunia


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Gemawan Dwi Putra /   View : 15.443


Indonesiabaik.id - Berkembangnya digitalisasi perekonomian menjadikan Indonesia sebagai pasar yang dinamis, khususnya dengan perkembangan startup (perusahaan rintisan) berbasis teknologi dalam negeri yang terus berkembang dari sisi sektor bisnis maupun jumlah. Buktinya saat ini di Indonesia sudah terdapat sebanyak 1.720 startup.

Dengan jumlah startup sebanyak itu, seperti dicatat oleh startupranking, Indonesia hingga awal Maret 2018 tercatat sebagai negara jumlah startup terbanyak nomor empat di dunia. Untuk urusan ini, Indonesia hanya kalah dari Amerika Serikat yang memiliki 28.842 startup, India (4.762 startup), dan Inggris (2.984 startup).

Hebatnya lagi, Indonesia telah memiliki 4 startup unicorn dari 231 startup unicorn yang ada di dunia. Startup unicorn sendiri bisa diartikan sebagai startup yang memiliki valuasi senilai USD 1 miliar dan telah beroperasi selama lima tahun.     

Menurut data CHGR, pertumbuhan startup diprediksi akan terus meningkat berkali-kali lipat pada tahun 2020. Tumbuhnya pasar startup teknologi yang sangat pesat di dalam negeri ini mengindikasikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kian menguat, serta membuktikan ketersediaan teknologi yang terus berkembang untuk mendukung pertumbuhan industri ini.



Infografis Terkait