Lihat Semua : infografis

Kapan Waktu Tepat Anak untuk #PakaiMasker?


Dipublikasikan pada 2 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 700


Indonesiabaik.id   -   Badan Kesehatan Dunia (WHO) bekerjasama dengan UNICEF pada Jumat (21/8/2020) menerbitkan panduan baru tentang penggunaan masker pelindung bagi anak-anak. Induk kesehatan dunia itu bekerja sama dengan UNICEF, menerbitkan panduan baru tentang kapan usia yang tepat bagi anak-anak untuk mengenakan masker.

Penggunaan Masker pada Anak

WHO tidak mewajibkan pengggunaan masker bagi semua anak. Menurut WHO, hanya anak-anak di atas 12 tahun yang wajib memakai masker. Kewajiban itu sama konteksnya dengan orang-orang dewasa, dalam upaya mengendalikan pandemi corona.

Namun kedua badan internasional itu mengatakan, dalam keadaan tertentu sebaiknya anak-anak berusia 6-11 tahun memakai masker di tempat-tempat dengan penyebaran virus corona yang meluas, atau tempat di mana anak-anak melakukan kontak dengan orang tua atau orang lain, yang berisiko tinggi terkena penyakit serius jika tertular virus. 

Akan tetapi untuk anak-anak kecil dengan kondisi seperti itu, orang dewasa harus selalu mengawasi untuk memastikan masker dipakai dengan aman, dan potensi dampaknya terhadap pembelajaran dan perkembangan mereka harus dipertimbangkan.

Lebih lanjut dikutip dari AFP, WHO mengatakan anak-anak di bawah 5 tahun tidak boleh memakai masker. Menurut panduan baru, anak-anak dari segala rentang usia dengan gangguan tumbuh kembang, disabilitas, atau kondisi kesehatan tertentu yang mungkin akan terganggu jika memakai masker, maka "pemakaian masker tidak diwajibkan".

Pedoman baru juga menganjurkan agar anak-anak tidak diminta memakai masker saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Tujuannya "agar tidak mengganggu pernapasan mereka", tetapi harus ditekankan pentingnya menjaga jarak dari orang lain dan membatasi jumlah anak yang bermain bersama.



Infografis Terkait