Lihat Semua : infografis

Kegiatan Menyenangkan Anak-Anak, Agar Tak Jenuh di Rumah


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 21.568


Sudah lebih dari sebulan Indonesia menjalani pembatasan jarak fisik dengan beraktivitas dari rumah saja. Hal ini membutuhkan adaptasi yang tak mudah, terlebih untuk anak-anak. Pandemi virus corona atau COVID-19 membuat semua orang harus betah untuk #dirumahaja.

Menurut catatan Unicef, 

"Kita tahu bahwa, dalam krisis apa pun, kaum muda dan yang paling rentan menderita secara tidak proporsional. Pandemi ini tidak berbeda. Adalah tanggung jawab kita untuk mencegah penderitaan, menyelamatkan hidup dan melindungi kesehatan setiap anak." - Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore, 9 April 2020.

Tanpa sekolah, tidak bisa bertemu teman atau kegiatan lain yang biasa dilakukan, ini adalah waktu sulit bagi anak, meski mereka tidak menyampaikan perasaannya. Sebagai orang tua, sebaiknya bisa menjadi teman yang baik bagi anak saat masa pandemi. Anda dapat membantu anak mengatasi stress yang dialami dengan memberi kesempatan bermain dan bersantai yang menyenangkan di rumah. Ingatkan bahwa situasi ini hanya sementara. 

Berikut kegiatan menyenangkan anak-anak agar tak merasa jenuh di rumah,

1. Nonton Bareng Film Kartun Kesukaan Anak. Anda bisa menyulap ruang keluarga menjadi ruang menonton.

2. Ajak Anak Memasak. Biarkan anak untuk belajar mengolah makanan. Saat itu, kesempatan Anda untuk menjelaskan kepada anak kandungan gizi pada bahan makanan yang dimasak. Dengan begitu, anak berlatih memasak sambil belajar.

3. Ajak Anak Berkebun. Ajarkan anak untuk menyayangi makhluk hidup lain seperti tanaman bunga. Lakukan cocok tanam bisa di halaman rumah, kebun, atau balkon rumah.

4. Buat Video Kreatif. Rekam kegiatan anak, arahkan anak untuk melakukan hal-hal kreatif, seperti menyanyi, menggambar, menari, dan mengaji. Setelahnya, apresiasi hasilnya. Dengan begitu, anak akan merasa bahagia, semakin terasah kreativitasnya, dan berkurang stressnya.

5. Piknik di Rumah. Bisa di ruang tamu, di halaman belakang, atau di teras rumah pada sore hari. Piknik memiliki manfaat untuk mempererat family bonding. Jangan lupa siapkan menu makanan ringan ya.

6. Berolahraga. Ajarkan hidup sehat dengan berolahraga. Lakukan gerakan yang ringan dan mudah diikuti anak-anak. 

7. Buat Kegiatan Ekstrakurikuler Ala Rumahan. Buat kelas ekstrakurikuler sesuai dengan minatnya, misalkan bidang olahraga, seni rupa, seni tari, vokal, atau fotografi, selama 60-90 menit.

8. Video Call dengan Temannya. Menghindari kejenuhan anak karena tak bertemu dan bermain dengan teman-teman di sekolah, dengan ajak anak menghubungi teman-temannya melalui telepon atau panggilan video.



Infografis Terkait