Lihat Semua : infografis

Kelapa Indonesia, Tanaman Sejuta Manfaat yang Mendunia


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.544


Indonesiabaik.id   -   Kelapa, tanaman sejuta manfaat yang pada setiap bagian tanamannya memiliki nilai guna bagi kehidupan.

 

Catatan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) mengatakan setidaknya ada 13 ragam komoditas turunan kelapa yang telah laris di pasar global. Ekspor produk olahan kelapa yang mendunia itu sudah menembus puluhan negara tujuan yang tersebar di 6 benua, mulai dari Asia, Eropa, Australia, Afrika, Amerika Utara, hingga Amerika Selatan.

 

Menurut Badan Karantina Pertanian Indonesia, hampir seluruh bagian kelapa telah diekspor, mulai dari daging kelapa, air kelapa, tempurung kelapa, sabut kelapa, sampai batang kelapa.

 

Dari sistem IQFAST, fasilitasi sertifikasi ekspor produk olahan kelapa tercatat pada periode pandemi, yakni Januari–Mei 2020 telah mencapai 463,5 ribu ton ke puluhan negara yang tersebar di 6 benua.

 

Bukan hanya Indonesia, ada pula 4 negara lain penghasil olahan kelapa di dunia yakni Filipina, India, Brazil dan Srilangka. Namun untuk saat ini, dari catatan Barantan sepanjang 2020, India telah mengimpor olahan kelapa dari Indonesia sebanyak 59,3 ribu ton, Brazil mencapai 1,2 ribu ton. Dengan kata lain, Indonesia menduduki posisi nomor satu olahan kelapa di dunia.

 

Di mana saja sebaran perkebunan kelapa di Indonesia?

Menurut data dari Kementerian Pertanian pada 2017, luas areal perkebunan kelapa di Indonesia menurut pulau didominasi oleh Pulau Sumatera sebanyak 1,05 juta hektar (32,90%), kemudian disusul Pulau Jawa sebanyak 781,67 ribu hektar (23,2%) dan Pulau Sulawesi sebanyak 781,23 ribu hektar (22,49%). Selanjutnya Pulau Papua dan Maluku, Bali dan Nusa Tenggara, serta Kalimantan masing-masing memiliki luas areal perkebunan kelapa sebanyak 376,64 ribu hektar (10,9%), 273,09 ribu hektar (7,86%), dan 203,94 ribu hektar (5,87%).

 

Melihat sebaran perkebunan kelapa yang begitu luas, artinya Indonesia punya potensi besar dalam bidang ekspor. Mengingat, tanaman kelapa juga merupakan salah satu komoditas perkebunan penghasil devisa negara, sumber pendapatan asli daerah (PAD), serta sumber pendapatan petani perkebunan dan masyarakat. 

 

Pilihan terbaik ialah menjadikan Indonesia  sebagai negara pengembang komoditas kelapa di dunia.



Infografis Terkait