Lihat Semua : infografis

Kerja Nyaman Tanpa Kena Computer Vision Syndrome


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.101


indonesiabaik.id - Hal yang perlu diwaspadai terkait penggunaan komputer atau gawai yang terlalu lama saat bekerja dari rumah selama pandemi, yakni terjadinya Computer Vision Syndrome (CVS).

Hindari Terkena CVA

Pada dasarnya CVA adalah gejala kelelahan pada mata. Ciri-cirinya mata merah, berair, gatal, lelah, sakit kepala.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Dr. M. Sidik, SpM(K) mengatakan bekerja dengan komputer berlama-lama berpotensi mengakibatkan Computer Vision Syndrome, yakni kondisi dimana mata memerah, berair, gatal, kadang-kadang sampai sakit kepala.

Hal tersebut disebabkan karena mata melihat layar komputer dengan jarak tertentu secara terus-menerus, bahkan sampai berjam-jam selama bekerja. Efeknya akan terjadi kekakuan pada otot mata, sehingga saat melihat ke arah jauh objek terlihat ganda atau buram, namun efek tersebut hanya sesaat dan akan menjadi bahaya jika terbiasa seperti itu.

Maka dari itu, saat bekerja menggunakan komputer, sesekali lepaskanlah pandangan langsung ke layar. Setelah 20 menit menatap layar, lalu bisa dengan melihat benda-benda di sekitar ruangan kerja. Lakukan selama 20 detik, kemudian kembali menatap layar komputer.



Infografis Terkait