Lihat Semua : infografis

Laboratorium di Jakarta Terafiliasi Sistem NAR Kemenkes


Dipublikasikan pada 13 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 898


indonesiabaik.id - Salah satu syarat mendapatkan layanan obat gratis dan konsultasi dokter lewat telemedicine adalah test COVID-19 harus di lab yang terafiliasi sistem NAR Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Pengiriman Obat Gratis

Kemekes menyediakan layanan telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dan pengiriman obat gratis.

Ada 11 platform telemedicine yang sudah bekerjasama dengan Kemenkes antara lain Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, dan KlinikGo. Kemudian Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

Untuk mendapatkan layanan dan obat COVID-19 gratis dari 11 telemedicine itu, masyarakat sebelumnya harus melakukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

Alur Pelayanan

Ketika hasil tes PCR di Lab tersebut terkonfirmasi positif COVID-19, maka laboratorium akan meng-entry data pasien dan terhubung langsung dengan Kemenkes.

Sekiranya dalam jarak waktu sekitar satu hari, pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes yang memuat link untuk konsultasi online dan sebuah kode untuk mendapatkan obat gratis.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, masyarakat belum bisa langsung mencari dan melakukan konsultasi online tanpa melakukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Menurutnya, Pemerintah perlu verifikasi apakah yang bersangkutan benar-benar sudah terpapar COVID-19 positif.



Infografis Terkait