Lihat Semua : infografis

Mantap! Vaksin Sinovac 90%+ Efektif


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 5.062


Indonesiabaik.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan survei efektivitas Vaksin Sinovac. Selain diklaim efektif mencegah penularan, Kemenkes menyebut vaksin Corona Sinovac bisa menekan angka kematian COVID-19.

Efektivitas Vaksin Sinovac

Berdasarkan kajian cepat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, efektivitas vaksin mencakup pencegahan Covid-19 bergejala, serta perawatan dan kematian akibat Covid-19. Data tersebut diolah berdasarkan data yang diperoleh dari Kemenkes.

Berikut hasil penelitian awal soal efektivitas vaksin Corona Sinovac yaitu:

  • Efektif mencegah COVID-19 pada hari ke-28 hingga ke-63: 94 persen
  • Efektif mencegah perawatan di RS akibat COVID-19 hingga hari ke-28: 96 persen
  • Efektif mencegah kematian karena COVID-19 pada hari ke-28 hingga ke-63: 98 persen

Kajian cepat pada 13 Januari sampai 18 Maret 2021 lalu melibatkan lebih dari 128 ribu orang dengan usia di atas 18 tahun dan rata-rata dari partisipan yang diikutkan 60% perempuan dengan rata-rata usia di Kisaran 30 tahun.

Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Meski memiliki efektivitas yang tinggi, berpotensi terpapar COVID-19 masih tinggi manakala protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun tidak dilaksanakan dengan baik.



Infografis Terkait