Lihat Semua : infografis

Mengenali Tanda Link Penipuan


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 1.258


indonesiabaik.id - Kehati-hatian perlu ditingkatkan guna menghindari jebakan kejahatan phising yang kerap kali disebarluaskan dengan link via SMS, WhatsApp, email, ataupun sosial media lain.

Modus Kejahatan Phising Link

Pishing adalah jenis penipuan online dengan mengelabui target untuk mencuri data pribadi dan informasi sensitif lainnya.

Hal ini memungkinkan pelaku kejahatan siber menguasai akun atau menarik uang dari data yang dicurinya.

Modus yang digunakan oleh pelaku kejahatan ini cukup beragam, biasanya kejahatan ini memanfaatkan informasi mengenai hadiah, tips, undian, hingga bantuan oleh pemerintah.

Kenali Tandanya

Kenali tanda-tanda link phising berupa penipuan ya!

  • Memiliki tautan hypertext
  • Tautan punya karakter aneh atau berupa singkatan
  • Domain dibuat semirip mungkin/manipulatif
  • Tautan tidak relevan, dan mencurigakan

Hindari Kejahatan Phising

Beberapa hal bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan.

Salah satunya jangan asal klik tautan surel dari sumber yang tidak dikenal. Untuk memastikan link tautan aman, coba dulu cek nama domain resminya.

Hal yang paling sering jadi motif kejahatan phising adalah menggunakan iming-iming finansial, karenanya jangan pula mudah tergoda terhadap iming-iming finansial ya, apalagi jika sampai memberikan informasi pribadi.

Jika permasalahannya sudah terlanjur klik link-nya, bahkan sudah isi datanya, beberapa hal bisa diatasi, utamanya dengan mengamankan akun.

Segera lakukan penggantian password atau PIN, kemudian lakukan pemblokiran akun sementara, atau pindahkan dana atau saldo yang kamu miliki ke tempat lain.



Infografis Terkait