Lihat Semua : infografis

Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.221


indonesiabaik.id - Kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, biasanya menjadi salah satu moda transportasi favorit untuk mudik.


Mau mudik? Simak informasi yang kami rangkum mulai dari panduan mudik, syarat-syarat perjalanan, informasi lalu lintas dan protokol agar tetap aman & sehat selama mudik Lebaran 2022. ⇛ Baca Panduan Lengkap Mudik Lebaran 2022 hanya di tautan linktr.ee/mudik2022


Persiapkan Sebelum Keberangkatan

Untuk bertemu keluarga di kampung halaman, keselamatan diri merupakan yang utama. Sebaiknya, saat berniat mudik, segala persiapan perlu dimaksimalkan sebelum keberangkatan, baik dalam hal kendaraan maupun kesehatan.

Beberapa hal yang perlu disiapkan di antaranya:

  • Kondisi kendaraan

Pastikan sebelum melakukan perjalanan, maksimalkan pengecekan mesin dan segala bagian mobil maupun motor. Pastikan semua dalam kondisi baik dan tidak membahayakan.

  • Bahan bakar harus tercukupi

Sebelum dan selama perjalanan, pastikan kecukupan bbm tidak merugikan ketika di jalan.

  • Siapkan segala perlengkapan

Baik makanan dan minuman, uang tunai, kotak P3K hingga saldo e-toll harus disiapkan sejak awal. Pastikan semua tersedia, ya. Terlebih, saat membawa barang bawaan, pastikan tidak melebihi kapasitas kendaraan.

  • Sediakan aplikasi di HP

Sejumlah aplikasi bisa digunakan di antaranya aplikasi PeduliLindungi, pengarah jalan/maps, maupun apps lain yang bisa membantu selama perjalanan.

Tak hanya itu, selama perjalanan pantau terus informasi lalu lintas baik melalui media sosial, berita, maupun aplikasi pengarah jalan. Sebab, dipastikan kondisi jalanan macet karena banyaknya arus mudik. Yang terpenting adalah mematuhi aturan lalu lintas selama perjalanan, terutama soal batas kecepatan. Ingat, keselamatan yang utama ya SohIB!


Hai SohIB! Lihat juga artikel terkait yaa..



Infografis Terkait