Lihat Semua : infografis

Operasi Nemangkawi Papua Jadi Damai Cartenz


Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 1.362


Indonesiabaik.id - Kepolisian Republik Indonesia bakal merubah sandi operasi penindakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua pada akhir Januari 2022 mendatang. Sebelumnya, kegiatan itu diberi nama Operasi Nemangkawi, akan berganti menjadi Operasi Damai Cartenz.

Fakta Operasi Damai Cartenz

Satgas Nemangkawi akan berakhir pada 25 Januari 2022. Kemudian, operasi Damai Cartenz 2022 juga akan dimulai pada tanggal yang sama. Nantinya, operasi Damai Cartenz akan berlangsung hingga 6 bulan ke depan.

Pola operasi ini akan lebih mengedepankan tindakan preventif dan persuasif kepada masyarakat Bumi Cendrawasih. Dalam Operasi Damai Cartenz nantinya, pendekatan keamanan di Bumi Cenderawasih akan mengutumakan tiga lini dan fungsi. Lini intelijen sebagai pendeteksi keamanan dan lini pada fungsi pembinaan masyarakat atau binmas. Selanjutnya, fungsi hubungan masyarakat atau kehumasan.

Sebetulnya tidak ada yang berbeda antara Operasi Nemangkawi dan Operasi Damai Cartenz. Meskipun operasi yang pertama dihentikan, statusnya tetap menjadikan Papua, sebagai wilayah keamanan yang harus diprioritaskan.

Sebagai informasi, Operasi Nemangkawi adalah operasi gabungan yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia untuk mengekang pemberontak separatis bersenjata di Papua.



Infografis Terkait