Lihat Semua : infografis

Provinsi Prioritas Penerima Vaksin Covid-19


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.339


Indonesiabaik.id   -   Pemerintah menargetkan, jumlah pemberian vaksin covid-19 di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 102.451.500 dosis. Selain prioritas kelompok penerima vaksin, pemerintah juga akan memprioritaskan pemberian vaksin, sejumlah provinsi yang masuk kategori zona merah.

Provinsi Prioritas Penerima Vaksin

Pemerintah telah menetapkan 10 provinsi prioritas vaksinasi berdasarkan tingkat risiko penyebaran Covid-19 terbesar, yakni DKI Jakarta, Sumatera Utara, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua dan Papua Barat.

Namun, nantinya pada saat pelaksanaan vaksinasi akan terus dievaluasi lagi, daerah mana yang memiliki tingkat risiko yang tingga termasuk juga akan dievaluasi terkait efektivitasnya. Kementerian Kesehatan juga menekankan vaksin diberikan pada masyarakat dengan usia rentang 18 hingga 59 tahun. Merujuk pengujian vaksin uji klinis tahap 3 dengan sukarelawan di rentang usia tersebut.

Hingga saat ini, Pemerintah telah menjalin kerja sama dengan 4 produsen vaksin yaitu Sinovac, Sinopharm/G42, Cansino dan Astra Zeneca. Selain jalur kerja sama internasional, Indonesia juga tengah mengembangkan vaksin melalu jalur mandiri yaitu Vaksin Merah Putih.

Jumlah total kandidat vaksin yang sangat berpotensi untuk dapat disediakan di Indonesia adalah sekitar 300 juta dosis, yang diperuntukkan bagi sekitar 160-185 juta orang. Namun, angka ini diakui masih sangat dinamis karena masih dalam tahap finalisasi dan bergantung dari ketersediaan vaksinnya.

Program vaksinasi covid-19 di Indonesia, dengan menggunakan 3 jenis vaksin buatan China segera dimulai November 2020 mendatang. Pada November 2020, Cansino menyanggupi 100.000 dosis vaksin, Sinopharm 15 juta dosis vaksin, Sinovac dengan 3 juta dosis vaksin. Program vaksinasi corona di Indonesia akan dimulai pada November 2020 yang artinya tidak akan lama lagi.



Infografis Terkait