Sambut Asian Games 2018, LRT Sumsel Meluncur

Sambut Asian Games 2018, LRT Sumsel Meluncur

Abror Fauzi, Septian Agam

5 days ago

Indonesiabaik.id - Asian Games 2018, pesta olahraga terbesar se-Asia ini tinggal menunggu hitungan hari. Kota Palembang, sebagai salah satu kota peyelenggara telah mempercantik diri dengan mengadirkan Light Rail Transit (LRT).

Kota yang berada di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki moda transportasi massal modern. LRT Sumsel mulai dibangun pada Oktober 2015 dan selesai Juli 2018 dan diproduksi oleh PT INKA Madiun.

LRT Sumsel memiliki panjang lintasan sekitar 23,4 km yang menyambungkan Bandara International Sultan Mahmud Baddarudin II menuju Kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Nantinya LRT akan melintasi total sekitar 13 stasiun dan memiliki 1 depo.

Dengan menggunakan tenaga listrik mampu melaju kencang 85 km/jam dan jarak Bandara ke JSC dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 - 40 menit dari sebelumnya 1,5 - 2 jam. LRT yang dibangun dan didesain oleh oleh PT Waskita Karya ini dilengkapi dengsn Air Conditioner (AC), CCTV serta Wifi gratis dan menelan biaya proyek Rp 10,9 triliun. Angka ini jauh lebih kecil bila dibanding dengan pembangunan LRT negara tetangga seperti contoh LRT Kelana Jaya milik Malaysia sebesar Rp 817 miliar/km dan LRT Manila Rp 907 miliar/km.



    Tag :
  • asian games 2018
  • lrt
  • lrt sumsel
  • transportasi masal
  • jsc
  • #LRTSumsel #IndonesiaPunyaLRT

Infografis Terkait