Lihat Semua : infografis

Singing Road, Sentil Pengemudi di Jalan Tol


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.978


indonesiabaik.id - Pertama di Indonesia, ada jalan tol yang memiliki fitur unik berupa jalan tol yang bisa bernyanyi atau muncul nada nyanyian jika dilalui mobil, dinamakan Singing Road.

Di mana bisa ditemukan?

Singing Road ini bisa ditemukan di jalan Tol Trans Jawa tepatnya di Ruas Ngawi-Kertosono-Kediri. Lokasinya berada di 2 titik yaitu KM 616 jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri dengan suara nyanyian yang muncul berupa 2 nada lagu selamat ulang tahun.

Sementara titik lainnya berada di KM 644+200 B (arah Madiun-Solo) dengan nyanyian lengkap lagu selamat ulang tahun terdiri dari 6 nada.

Bagaimana bisa berbunyi?

Pada dasarnya, Singing Road muncul dari marka jalan berbentuk rumble strip yang dipasang di jalan tol. Rumble strip itu ditata dengan jarak berdekatan agar saat dilindas ban mobil berkecepatan 80-100 km/jam, akan muncul suara nyanyian dengan sangat jelas terdengar hingga ke dalam mobil.

Inovasi ini diterapkan guna mengurangi kemungkinan kecelakaan lalu lintas yang bisa disebabkan atas kelalaian pengemudi seperti misalnya mengantuk, ugal-ugalan, hingga mengebut di jalan tol.



Infografis Terkait