Situasi Penyakit Kaki Gajah di Indonesia

Siap Bangun Negara , M. Ishaq Dwi Putra

one month ago



Indonesiabaik.id - SohIB, tahukah kamu bahwa di Indonesia, prevalensi mikroflaria terus mengalami penurunan, dari 19,5% pada 1980 menjadi 4,7% pada tahun 2014. WHO sendiri telah menetapkan kesepakatan global (The Global Goal of Elimination of Lymphatic Filariasis as a Public Health Problem by The Year 2020) sebagai upaya untuk mengeliminasi penyakit kaki gajah pada tahun 2020.

Selaras dengan hal itu, saat ini pemerintah telah bertekad untuk mewujudkan Indonesia Bebas Kaki Gajah pada tahun 2020. Hal tersebut dilakukan melalui Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah (BELKAGA), di mana setiap penduduk kabupaten/kota endemis penyakit serentak minum obat pencegahan setiap bulan Oktober selama 5 tahun berturut-turut. Kampanye BELKAGA secara nasional dicanangkan pada tanggal 1 Oktober 2015 oleh Presiden RI Joko Widodo dan serentak diikuti oleh para gubernur di provinsi endemik lainnya.

Perlu diketahui pada tahun 2017, dari 514 kabupaten/kota di wilayah Indonesia, sebanyak 236 kabupaten/kota tergolong endemis filariasis. Dari jumlah tersebut, 152 kabupaten/kota diantaranya masih melaksanakan POPM (Pemberian Obat Pencegahan Massal). Jumlah kasus kronis filariasis di Indonesia pada 2017 lebih rendah daripada tahun 2016 yakni 12.677 berbanding 13.009 kasus kronis.

Angka tersebut terlihat menurun dari data tahun sebelumnya karena dilaporkan beberapa kasus meninggal dunia dan adanya perubahan diagnosis sesudah dilakukan konfirmasi kasus klinis kronis yang dilaporkan tahun sebelumnya.

Jumlah kasus kronis filariasis terbanyak terdapat di Provinsi Papua dengan 3.047 kasus kronis. Berikutnya terdapat di Nusa Tenggara Timur dengan 2.864 kasus kronis dan ketiga terbanyak terdapat di Papua Barat dengan 1.244 kasus kronis. Sementara ada 6 provinsi yang tidak memiliki kabupaten/kota endemis filariasis yaitu Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • kementerian kesehatan
  • filariasis
  • penyakit kaki gajah
  • lymphatic filariasis
  • gejala penyakit kaki gajah
  • penularan penyakit kaki gajah

Infografis Terkait