Lihat Semua : infografis

Taman Nasional Lorentz: Terbesar di Asia Tenggara


Dipublikasikan pada 3 years ago / Riset, Siap Bangun Negara / Desain, Gemawan Dwi Putra /   View : 4.713


Indonesiabaik.id - Apakah kalian tahu jika Indonesia memiliki taman nasional terbesar di Asia Tenggara? Ya, ternyata Taman Nasional Lorentz di Papua yang didirikan pada 1997 ditetapkan menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara oleh UNESCO, bahkan badan PBB itu sudah menetapkan Taman Nasional Lorentz di Papua sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1999.

Taman Nasional Lorentz di Papua ditetapkan menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara oleh UNESCO didasarkan pada luas areanya, yakni 2.505.600 ha sesuai dengan surat penunjukan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 154/Kpts-II/1997. Tak sampai di situ saja, organisasi non pemerintah internasional lainnya, WWF, menetapkan Taman Nasional Lorentz di Papua sebagai kawasan konservasi terluas dan terlengkap ekosistemnya di Asia Pasifik.

Ditinjau dari aspek keragaman ekosistem, Taman Nasional Lorentz mencakup seluruh tipe ekosistem utama yang ada di Papua, mulai dari ekosistem perairan laut, ekosistem pesisir, ekosistem hutan pantai, ekosistem hutan rawa air payau, ekosistem hutan rawa air tawar, ekosistem hutan dataran rendah, ekosistem hutan pegunungan rendah, ekosistem hutan pegunungan tinggi, ekosistem sub alpin (Tree Line), ekosistem alpin dan ekosistem pegunungan salju abadi.

Berbagai spesies dari kawasan Taman Nasional Lorentz memberikan kontribusi terhadap kekayaan keanekaragaman hayati Papua. Terdapat 1.200 tumbuhan berbunga, 123 spesies mamalia, 411 spesies burung, dan 150 spesies reptil dan amfibi. Selain itu Taman Nasional Lorentz juga merupakan Daerah Burung Endemik atau Endemic Bird Area (EBA) dengan 45 spesies burung sebaran terbatas dan sembilan spesies burung endemik. Terdapat daerah isolasi alamiah bagi penyebaran jenis burung dan hewan lainnya di deretan Pegunungan Sudirman.

Terdapat pula beberapa keunikan di Taman Nasional Lorentz, yaitu adanya gletser di Puncak Jaya dan sungai yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di Lembah Baliem. Taman Nasional Lorentz memiliki 34 tipe vegetasi, di antaranya hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan rawa, dan padang rumput. Di wilayah ini juga terdapat persediaan mineral dan pertambangan berskala besar.

Jenis-jenis tumbuhan di Taman Nasional Lorentz antara lain adalah nipah dan bakau. Sedangkan jenis-jenis satwa yang sudah diidentifikasi di Taman Nasional Lorentz ada beberapa contoh jenis burung yang menjadi ciri khas adalah dua jenis kasuari, cendrawasih ekor panjang, dan puyuh salju. Satwa mamalia yang ada di sini antara lain babi duri moncong panjang dan moncong pendek, 4 jenis kuskus, walabi, kucing hutan, dan kanguru pohon.



Infografis Terkait