Lihat Semua : infografis

Turut Jaga Kualitas Udara


Dipublikasikan pada 10 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 5.761


Indonesiabaik.id - Polusi udara merupakan ancaman bagi kesehatan di semua negara. Karena itu, kualitas udara yang baik menjadi kebutuhan vital yang wajib ada di lingkungan dan sudah menjadi kewajiban masyarakat juga untuk menjaganya.

Berapa indeks kualitas udara (AQI)?

Mengetahui indeks standar udara yang berkualitas harus berdasarkan dari parameter Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Untuk mengukur kualitas dari udara yang ada di wilayah Indonesia, pemerintah menggunakan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

Parameter baik atau buruknya udara yang dihirup oleh masyarakat terbagi atas 5 kategori penting, yaitu:

1. Kategori Baik

Rentang nilai 0-50. Artinya, tingkat udara yang dihirup tidak memberikan efek buruk bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

2. Kategori Sedang

Rentang nilai 51-100. Artinya, udara yang dihirup tidak memberikan efek buruk bagi manusia dan hewan, tapi tumbuhan yang sensitif dapat terpengaruhi.

3. Kategori Tidak Sehat

Rentang nilai 101-199. Artinya, udara yang kualitasnya sudah merugikan manusia dan hewan yang sensitif. Tumbuhan juga mengalami kerusakan dan nilai estetika yang terganggu.

4. Kategori Sangat Tidak Sehat

Rentang nilai 200-299. Artinya, udara sudah merugikan kesehatan pada beberapa wilayah populasi.

5. Kategori Berbahaya

Rentang nilainya >300. Artinya, tingkat kualitas dari udara sudah berbahaya dan dapat menimbulkan dampak kesehatan yang serius.

Yuk, Jaga Kualitas Udara

Udara bersih salah satunya fungsinya ialah bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti kardiovaskular (sakit jantung dan stroke) hingga beberapa jenis kanker.  Dengan menghirup udara segar, orang juga akan jarang sakit-sakitan atau terkena penyakit.

Karenanya, dalam skala kecil, udara yang kotor dapat mengakibatkan sesak napas, batuk, penumpukan lendir di jalan napas, serta radang tenggorokan. Turut menjaga udara tetap bersih bisa dilakikan dengan beberapa langkah, di antaranya;

  • Gunakan transportasi umum
  • Matikan lampu dan elektronik lain saat tidak digunakan
  • Terapkan konsep daur ulang dan gunakan kembali
  • Hindari penggunaan produk plastik (kantong plastik)
  • Kurangi aktivitas membakar dan merokok
  • Gunakan kipas angin sebagai pengganti AC
  • Hindari penggunaan produk dengan bahan kimia
  • Perbanyak kebun hijau (berkebun)
  • Terapkan aksi tanam pohon dan penghijauan


Infografis Terkait