Lihat Semua : infografis

Vaksin Booster dan Dosis Ketiga, Sama atau Beda?


Dipublikasikan pada 8 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 88.652


Indonesiabaik.id - Pemerintah Indonesia akan memulai program vaksinasi booster untuk masyarakat umum. Tapi, saat booster akan diberikan, ternyata masih banyak orang yang salah kaprah antara perbedaan vaksin dosis 3 dan vaksin booster.

Vaksin Booster dan Dosis Ketiga, Sama atau Beda?

Dosis booster merupakan dosis vaksin yang diberikan pada seseorang yang memiliki perlindungan cukup setelah vaksinasi, tetapi kemudian menurun setelah jangka waktu tertentu. Vaksin booster berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya.

Sedangkan, vaksin dosis ketiga adalah vaksin yang harus diterima dan dianggap sebagai bagian dari dosis utama vaksin. Biasanya, diberikan pada orang-orang yang mengalami gangguan kekebalan sedang hingga berat dan tidak membangun perlindungan yang cukup ketika pertama kali mendapatkan vaksinasi.

Siapa yang Berhak Mendapatkan?

Berikut adalah rekomendasi individu yang perlu menerima vaksin booster:

  1. Tenaga kesehatan
  2. Orang tua 65 tahun ke atas
  3. Orang tua dan dewasa dengan penyakit penyerta
  4. Pekerja publik yang berisiko tinggi terpapar Covid-19

Sedangkan, individu yang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga adalah individu dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Sedang menerima perawatan kanker
  2. Sedang perawatan dengan obat-obatan imunosupresif, seperti kortikosteroid
  3. Memiliki penyakit immunodeficiency
  4. Penderita HIV


Infografis Terkait