Lihat Semua : infografis

Vaksin Moderna BOLEH untuk Masyarakat Umum


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 14.122


Indonesiabaik.id - Vaksin COVID-19 Moderna baru diberikan sebagai booster atau dosis ketiga kepada tenaga kesehatan. Namun, baru-baru ini Kementerian Kesehatan menyebut akan memberikan vaksin Moderna pada kalangan umum.

Vaksinasi Moderna

Distribusi vaksin Moderna untuk masyarakat umum diatur dalam surat bernomor SR.02.06II/2025/2021 tentang Alokasi Distribusi Vaksin Covid-19 Moderna-COVAX Facility M2 Agustus 2021. Nantinya, untuk masyarakat umum Moderna akan diberikan sebagai dosis 1 dan 2, bukan booster.

Selain itu, vaksin Moderna juga ditujukan untuk ibu hamil dan masyarakat dengan komorbid yang tidak bisa mendapatkan vaksin AstraZeneca maupun Sinovac. Vaksin Moderna ini akan diberikan sebanyak dua dosis dengan interval 4 minggu.

Sekadar informasi, vaksin Moderna dibuat dengan platform mRNA dengan nukleosida dimodifikasi yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 sehingga dapat mencegah penyakit Covid-19.

Kemenkes mengarahkan agar vaksin Moderna disimpan dalam mesin pendingin pada suhu minus 25 derajat celcius sampai dengan minus 15 derajat celcius di fasilitas dinas kesehatan.



Infografis Terkait