Waspada Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan

Waspada Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan

Abror Fauzi, Gemawan Dwi Putra

29 days ago

Indonesiabaik.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Mandala Agni, dan Masyarakat Peduli Api memberikan informasi terkait dampak kebakaran lahan dan hutan (karhutla). Informasi tersebut dapat dibagi melalui akun resmi BMKG melalui akun resmi Twitter nya, @infoBMKG dan informasi tersebut dirangkum berdasarkan rangkaian aksi pemadaman.

Kebakaran hutan dan lahan berdampak pada rusaknya ekosistem dan menyebabkan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan. Dampak lainnya dari asap yang ditimbulkan dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Penyakit Jantung serta iritasi pada mata, tenggorokan dan hidung. Kabut asap dari kebakaran hutan juga dapat mengganggu bidang transportasi, khususnya transportasi penerbangan.

Tersebarnya asap dan emisi gas Karbondioksida dan gas-gas lain ke udara juga akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim. Kebakaran hutan mengakibatkan hutan menjadi gundul, sehingga tidak mampu lagi menampung cadangan air di saat musim hujan, hal ini dapat menyebabkan tanah longsor ataupun banjir. Selain itu, kebakaran hutan dan lahan juga mengakibatkan berkurangnya sumber air bersih dan bencana kekeringan, karena tidak ada lagi pohon untuk menampung cadangan air.



    Tag :
  • bmkg
  • klhk
  • karhutla
  • kebakaran
  • kekeringan

Infografis Terkait