Lihat Semua : infografis

Yuk, Cegah Virus Nempel di HP


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 943


Indonesiabaik.id   -   Sudah tidak heran lagi bahwa smartphone kini telah menjadi barang yang sering disentuh baik itu saat bekerja, bersantai, hingga sebelum tidur. Tetapi, tahukah bahwa virus corona juga dapat menempel di ponsel? Terutama jika bepergian ke luar rumah dan smartphone terkontaminasi virus dari luar, maupun berpindah dari tangan sendiri.

Pengguna Ponsel di Indonesia

Penduduk Indonesia berusia 16 hingga 64 tahun berselancar di internet (pada semua perangkat) dalam sehari rata-rata mencapai 7 jam 59 menit. Adapun pengguna internet Indonesia mencapai 175,3 juta atau 64% dari total penduduk Indonesia. Mayoritas pengguna tersebut menggunakan ponsel, yaitu sebanyak 171 juta atau 98% dari pengguna internet Indonesia.

Tips Cegah Virus Nempel di HP

Penyebaran virus tidak hanya antar individu, namun pemilik ponsel pun disarankan untuk membersihkan ponsel mereka minimal satu kali sehari agar tak terinfeksi bakteri sampai virus corona. Berikut beberapa tips agar pengguna bisa meminimalisir jumlah virus dan bakteri dari ponsel:

1. Pakai Alkohol dan Air untuk Bersihkan Ponsel

Pemilik ponsel bisa mencampurkan air dan alkohol isopropil ke dalam botol penyemprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kain microfiber yang akan digunakan untuk membersihkan ponsel. Tisu basah sebetulnya bisa juga digunakan, tetapi tisu basah harus mengandung alkohol agar ampuh bersihkan ponsel. Sebab, rata-rata tisu basah untuk bayi tidak memiliki kandungan alkohol.

2. Gunakan Pelindung Antimikroba

Anda disarankan menggunakan casing pelindung antimikroba untuk melindungi ponsel dari serangan bakteri. Dengan menggunakan pelindung ini, pengguna bisa mengurangi jumlah bakteri yang bersarang di ponsel Anda. Penutup ponsel anti bakteri ini difungsikan untuk melapisi anti gores pada ponsel yang digunakan untuk menjaga ponsel dari kerusakan fisik.

3. Gunakan Cotton Bud

Cotton bud bisa digunakan untuk membersihkan celah-celah yang sulit terjangkau di ponsel untuk membersihkan debu hingga bakteri. Jangan lupa juga menyelupkan cotton bud dengan cairan alkohol.

4. Pakai Cuka Putih

Cuka putih di dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan bakteri di ponsel. Caranya, campurkan cuka putih dan air steril dengan komposisi 50:50. Lalu, basahi kain mikrofiber dan cotton bud untuk membersihkan ponsel dari bakteri.

5. Kurangi Pengunaan Ponsel di Toilet

Terakhir, kurangi penggunaan ponsel di toilet. Meski Anda telah mencuci tangan, bakteri akan tetap menemukan cara agar bisa bersarang di ponsel.



Infografis Terkait