Lihat Semua : infografis

Yuk, jadi Smart Netizen


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 1.184


Indonesiabaik.id   -   Akhir-akhir ini masyarakat digegerkan adanya pengakuan ditemukannya cairan antibodi COVID-19 yang ditemukannya bisa menyembuhkan ribuan pasien COVID-19 dari salah seorang yang mengaku sebagai profesor sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi COVID-19.

 

Cairan antibodi COVID-19 tersebut bahkan diklaim telah didistribusikan di Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan. Hadi juga menyebutkan, cairan antibodi tersebut juga telah diberikan kepada ribuan pasien di Wisma Atlet, dengan lama penyembuhan 2-3 hari.

 

Hati-hati Adanya Infodemik COVID-19

Menanggapi hal tersebut, masyarakat sebaiknya pintar untuk melakukan cross-check terlebih dahulu. Apalagi saat masa pandemi virus corona seperti sekarang, segala informasi terkait virus SARS-CoV-2 ini beredar dengan luas di internet. Masyarakat bisa saja dengan mudah mendapat informasi terkait, seperti obat dan vaksin COVID-19.

 

  1. Jangan mudah percaya

Yuk, berhati-hati agar tidak rugi dari adanya penyebaran informasi di internet yang sulit dikontrol dan banyaknya isu hoax.

  1. Harus bersikap kritis

Informasi yang datang itu pertama kali untum tidak langsung dipercaya (skeptis) sampai informasi itu terbukti valid

  1. Cek jurnal ilmiah

Kamu harus memastikan bahwa informasi yang diterima sudah terpublikasi

  1. Pastikan tidak asal klaim

Cek apakah klaimnya itu disertai dengan bukti penelitian yang memadai atau tidak?Jangan sampai over claim.

  1. Percaya sumber terpercaya

Informasi yang tidak mencantumkan sumber referensi apapun itu harus disikapi sebagai informasi yang tidak benar, sampai terbukti benar.



Infografis Terkait