Lihat Semua : infografis

Yuk, Konsumsi Buah dan Sayur Tiap Hari


Dipublikasikan pada 25 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Muhammad Mulyadi /   View : 640


Indonesiabaik.id - Buah dan sayur merupakan komponen penting dari pola makan sehat. Kurangnya buah dan sayur meningkatkan risiko penyakit tidak menular (PTM). Secara umum sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan.

Konsumsi Buah dan Sayur di Indonesia

Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia 2023,  konsumsi buah segar dan sayur orang Indonesia masih tergolong rendah. Sebanyak 67,5% orang Indonesia hanya mengonsumsi buah segar dan sayur hanya 1-2 porsi saja per hari dalam seminggu.

Kemudian, sebanyak 17,4% orang mengonsumsi buah segar dan sayur 3-4 porsi saja per hari dalam seminggu. Bahkan, yang mengonsumsi di atas 5 porsi hanya 3,3% dan 11,8% mengaku tidak pernah mengonsumsi buah segar dan sayur. 

Selain itu, data (Riskesdas, 2013) menyebutkan sebanyak 93,5% penduduk usia > 10 tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan di bawah anjuran. Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang.

Takaran Konsumsi Buah dan Sayur

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah, (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang). 

Bagi masyarakat Indonesia terutama balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram per orang per hari dan bagi remaja dan orang dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari.

Dalam mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari sebenarnya kita perlu mengikuti Pedoman Gizi Seimbang yaitu sebanyak 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur (lebih banyak sayuran) setiap kali makan.



Infografis Terkait