Lihat Semua : videografis

Penerapan Jalan Berbayar di Jakarta, ERP adalah...


Dipublikasikan pada 13 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 352

Indonesiabaik.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memberlakukan sistem ERP di sejumlah ruas jalan di Jakarta. ERP (Electronic Road Pricing) adalah sistem jalan berbayar elektronik dengan skema pengumpulan Tol elektronik, diperkenalkan oleh Singapura untuk mengatur lalu lintas dengan cara jalan berbayar.

Penerapan ERP

ERP menerapkan biaya pada pengendara atas kemacetan yang disebabkannya. Sedangkan sistem tol, pengenaan biayanya untuk akses ke jalan khusus. Tujuan penerapannya adalah untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan supaya tidak macet, meningkatkan efisiensi perjalanan, serta mendukung kita untuk beralih ke transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Dilihat dari indeks kemacetan kota di seluruh dunia versi Lembaga TomTom Traffic Index, Jakarta menempati peringkat 46 dengan tingkat kemacetan 34%. Kemacetan umumnya terjadi di jam sibuk seperti pagi hari dari jam 7-9 dan sore hari antara jam 5-6.



Videografis Terkait