Lihat Semua : videografis

Indonesia Jadi Partner Hannover Messe 2023


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 268

indonesiabaik.id - Setelah sukses jadi partner pada 2021, Indonesia kembali menjadi Partner Country Hannover Messe pada 2023.

Jadi Partner Country

Peran Indonesia sebagai partner country hannover messe pada 2023 ditandai dengan handover ceremony dari Portugal sebagai Partner Country Hannover Messe 2022 kepada Indonesia.

Tahun depan, yakni 2023, pada ajang pameran industri terbesar dunia itu, Indonesia akan kembali menampilkan perkembangan dan potensi sektor industri di Indonesia melalui implementasi Industri 4.0.

Artinya, Indonesia akan kembali menjadi partner country setelah pertama kali mendapatkan status yang sama di tahun 1995 serta di tahun 2021 yang merupakan digital edition dari pelaksanaan pameran tersebut.

Mendorong Transformasi Ekonomi

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai perwakilan Indonesia menerima estafet Partner Country Hannover Messe menyebut, pihaknya terus mendorong transformasi ekonomi linier ke ekonomi sirkular untuk sektor manufaktur. Di bawah program Making Indonesia 4.0.

Indonesia berkeinginan untuk memperkuat multiplier effect (efek domino) dari lingkungan dan ekonomi yang berkelanjutan, guna menjaga kesinambungan sumber daya, regenerasi bahan baku, dan menggali potensi ekonomi yang belum dimanfaatkan.

Menperin Agus menambahkan, bahwa industri manufaktur memegang peranan penting dalam mewujudkan prinsip pembangunan berkelanjutan, termasuk di dalamnya ekonomi sirkular dan pengembangan energi terbarukan (EBT).

Dengan memproduksi barang yang dapat didaur ulang dan menggunakan bahan baku daur ulang, sektor industri daur ulang juga diharapkan dapat mendukung substitusi bahan baku impor.

Mengingat, saat ini Indonesia sedang mengarah menjadi pemain global di industri kendaraan listrik. Sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia yang mencapai 21 juta ton, Indonesia sedang bersiap menjadi produsen baterai kendaraan listrik tingkat dunia.



Videografis Terkait