Lihat Semua : motion_grafis

Histori Transportasi Haji Indonesia

Dipublikasikan pada one year ago / Riset, Siap Bangun Negara / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 127

Indonesiabaik.id - Agama Islam telah masuk ke Indonesia sejak lebih dari 10 abad yang lalu. Disinyalir, Islam diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia melalui perdagangan. Menurut data dari Kementerian Agama RI, sejak abad 19 akhir, sudah ada jemaah haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci.

Meskipun dengan fasilitas transportasi yang seadanya dan jauh lebih tidak nyaman dibanding saat ini, jemaah haji pada saat itu tetap melanjutkan perjalanannya. Kebanyakan dari mereka pergi menggunakan kapal dagang, dengan memakan waktu berbulan-bulan untuk tiba di Makkah.

Pada 1869, terusan Suez yang menghubungkan laut Mediterania dan laut Merah dibuka. Hal ini mempersingkat waktu tempuh jemaah haji Indonesia yang berangkat ke Mekah menggunakan kapal laut.

Pemerintah sempat membentuk PT Pelayaran Muslim sebagai penyelenggara haji pada 1952. Pada tahun yang sama, akses jalur udara dari Indonesia menuju Mekkah pun resmi dibuka. Namun pada 1975, tidak ada lagi jemaah haji Indonesia yang menggunakan kapal laut untuk berangkat ke Makkah. Meski demikian, baru pada 1979, Menteri Perhubungan meniadakan pengangkutan jemaah dengan kapal laut dan menetapkan pesawat sebagai transportasi satu-satunya menuju Tanah Suci.



Motion Grafis Terkait