Lihat Semua : motion_grafis

Strategi Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia

Dipublikasikan pada one year ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 284

Indonesiabaik.id - Guna menuju poros maritim dunia, Indonesia membangun ekonomi maritim yang pesat, kekuatan maritim yang kokoh, dan peradaban maritim yang kuat. Sumbangan ekonomi maritim terhadap PDB meningkat dari 6,4 persen tahun 2015 menjadi 12,5 persen tahun 2045.

Tidak hanya itu, Indonesia juga telah merancang strategi pembangunan maritim yang tertuang dalam Visi Indonesia 2045. Strategi Indonesia itu meliputi tiga hal utama yaitu: kekuatan maritim, ekonomi maritim, dan peradaban maritim.

Melalui kekuatan maritim, Indonesia tengah berusaha mewujudkan kemampuan pertahanan keamanan maritim yang kuat dan handal dalam menghadapi  tantangan regional dan global. Sedangkan, di peradaban maritim dilakukan strategi dengan menciptakan kualitas sumber daya manusia maritim yang unggul, inovasi  teknologi kemaritiman, dan  budaya maritim yang kuat sebagai basis peradaban bahari.

Selain itu, dalam ekonomi maritim dilakukan strategi dengan meningkatkan peranan ekonomi maritime menjadi sekitar 12,5 persen PDB pada tahun 2045 dengan fokus pada: (1) pembangunan konektivitas laut yang efisien dan efektif, (2) industrialisasi perikanan yang berkelanjutan dan berdaya saing, dan (3) pariwisata bahari yang inklusif.



Motion Grafis Terkait