Lihat Semua : infografis
Cemas dan Tertekan Akibat Pandemi COVID-19? Yuk, Segera Konsultasikan ke Sejiwa.
Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah / View : 2.412 |
Indonesiabaik.id - Pemerintah, melalui Kantor Staf Kepresidenan resmi meluncurkan SEJIWA, sebuah layanan gratis konsultasi psikologi yang disediakan untuk membantu menangani tekanan sosial masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Peluncuran layanan tersebut dilakukan melalui video conference yang diikuti sejumlah pihak, pada Rabu (29/04).
Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko menyampaikan ancaman tekanan psikologi dibuktikan dengan banyaknya jumlah aduan kekerasan dalam rumah tangga yang dilaporkan.
Data lembaga bantuan hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK), menunjukkan bahwa selama 16-30 Maret 2020 terdapat 59 kasus kekerasan perkosaan, pelecehan seksual, dan pornografi daring. Sebanyak 17 kasus di antaranya merupakan kasus kekerasan dalam rumah tangga dan hal tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia.
Selain itu, berdasarkan laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, persoalan COVID-19, 20 persen merupakan persoalan kesehatan, sedangkan 80 persen lainnya merupakan persoalan psikologi.
Saat masyarakat tidak bisa menjaga kondisi psikologi dengan baik, akan berisiko adanya kecenderungan imunitas menurun. Imunitas yang lemah, akan yang menyebabkan orang mudah terpapar COVID-19.
Dengan itu, SEJIWA hadir di tengah pandemi sebagai langkah inisiatif pemerintah. Nantinya, menurut Staf Kepresidenan RI, terdapat 3 langkah strategis dalam layanan ini, di antaranya Edukasi Publik, Konsultasi Awal, dan Pendampingan.
Edukasi Publik
Melalui sarana konten website, press conference di media center, webinar berkala di YouTube Gugus Tugas, SMS Blast dan infografis untuk disebar melalui jaringan WAG serta media sosial.
Konsultasi Awal
Melalui konsultasi psikologi yang dapat diakses publik melalui kanal chatbot, layanan telemedicine, call center, dan aplikasi.
Pendampingan
Untuk pasien yang membutuhkan konsultasi secara berkala, dilakukan dengan perjanjian dengan psikolog via telepon atau vicon meeting. Khusus kasus KDRT, HIMPSI dapat bekerja sama dengan Kementerian PPA.
HIMPSI sudah tersedia Standard Operation Procedure (SOP) pelayanan konsultasi secara berjenjang dan panduan konten untuk konsultasi yaitu menggunakan hotline dan aplikasi. Hotline yang dapat digunakan yaitu 119 ext 8. Untuk langkah berikutnya perlu dibuatkan aplikasinya agar alurnya lebih teratur.