Lihat Semua : infografis

5G Canggih!


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.192


indonesiabaik.id - Kehadiran 5G kini menjadi suatu hal yang dinantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, sebab dinilai memberi banyak manfaat.

Kecepatan Internet Tinggi

Kemampuan internet jaringan 5G sangat cepat, bahkan dinilai 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Bisa terbayangkan SohIB?

Pasalnya, 5G sebagai teknologi jaringan seluler generasi kelima mampu menghadirkan kecepatan dan kapasitas data yang lebih tinggi serta latensi (waktu akses layanan data) yang jauh lebih rendah.

Buat kamu yang kesel karena jaringan internet yang lamban saat mendownload, jaringan 5G jadi solusi nyata untuk itu. Streaming film, video, cloud gaming tanpa nge-lag berkualitas tinggi bisa didapat saat menggunakan jaringan 5G. Bahkan, kualitas video call lebih lancar dan jernih, dan tersedianya virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Bawa Perubahan Sektor Industri

Kementerian Kominfo menilai, hadirnya teknologi 5G di tengah kehidupan masyarakat akan memicu banyak perubahan pada model bisnis, baik di industri telekomunikasi maupun industri vertikal lain seperti manufaktur dan otomotif.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, perubahan itu disebabkan karena potensi layanan 5G yang bukan lagi hanya fokus pada pola komunikasi antarmanusia (human-to-human), tetapi juga mengintegrasikan manusia dengan mesin (human-to-machine), serta menciptakan jejaring/jalur komunikasi antara mesin yang satu dengan mesin yang lainnya (machine-to-machine).

Johnny juga menjelaskan bahwa layanan 5G untuk komunikasi antar manusia atau human-to-human dapat meningkatkan interaksi manusia melalui berbagai platform digital, seperti virtual/augmented reality, video conference, dan social network untuk meningkatkan keamanan publik.

5G dinilai mampu menghadirkan use case yang luas untuk mendukung pelaku industri dalam meningkatkan produktivitas, efektivitas, efisiensi, dan presisi di setiap kegiatan operasionalnya.

Hadirkan Beragam Inovasi

Tak hanya untuk model bisnis, manfaat 5G juga bermanfaat dalam sektor lain dalam menghadirkan banyak inovasi, seperti layanan kesehatan jarak jauh (termasuk remote surgery), kendaraan otonom, wireless automation di kawasan industri, remote robotics hingga pngembangan smart grid.

5G merupakan teknologi telekomunikasi broadband paling mutakhir, mengingat banyak negara di dunia yang meluncurkan komersialisasi layanan berbasis teknologi 5G.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, mengatakan, kini Indonesia dalam tahap persiapan untuk menyediakan layanan 5G yang berkualitas bagi masyarakat, maupun bagi pertumbuhan sektor perekonomian.



Infografis Terkait