Lihat Semua : infografis

6 Tokoh Bangsa Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2023


Dipublikasikan pada 8 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 3.027


Indonesibaik.id - Setiap 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai wujud penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Indonesia. Tahun ini, Presiden Joko Widodo kembali menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional 2023 kepada enam tokoh di Indonesia pada 10 November 2023.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH-2023 tertanggal 6 November 2023, Presiden menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada 6 orang pejuang-pejuang.

Penerima Gelar Pahlawan Nasional 2023

Daftar 6 orang tokoh yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional, yaitu:

  1. Ida Dewa Agung Jambe dari Bali

Ida Dewa Agung Jambe, yang juga dikenal sebagai Raja Klungkung Ke-2, merupakan pejuang yang gugur saat berjuang melawan tentara Kolonial Belanda dalam Perang Puputan Klungkung pada 28 April 1908.

  1. Bataha Santiago dari Sulawesi Utara

Bataha Santiago merupakan Raja Ketiga Manganitu di Sangihe, daerah yang saat ini masuk dalam Provinsi Sulawesi Utara. Bataha dikenal sebagai satu-satunya raja di Kepulauan Sangihe yang menolak meneken kerja sama dagang dengan VOC Belanda.

  1. Mohammad Tabrani dari Jawa Timur

Mohammad Tabrani Soerjowitjirto, merupakan pelopor dan Ketua Kongres Pemuda I pada 1926, yang menjadi cikal bakal Sumpah Pemuda pada 1928. Dia dikenal sebagai pencetus pertama istilah “Bahasa Indonesia” dan berjuluk Bapak Bahasa Indonesia.

  1. Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah

Satu-satunya perempuan yang menerima gelar Pahlawan Nasional tahun ini, merupakan penguasa Jepara pada masa masuknya Islam ke Pulau Jawa. Dia dikenal sebagai sosok pemberani dan heroik karena beberapa kali ikut terlibat dalam pertempuran menyerang Portugis.

  1. Kiai Haji Abdul Chalim dari Jawa Barat

KH Abdul Chalim merupakan tokoh NU yang merupakan salah satu pengurus dalam kepengurusan pertama PBNU. Dia dikenal ikut bergerilya bersama para pejuang lainnya saat perang 10 November 1945

  1. Kiai Haji Ahmad Hanafiah dari Lampung

KH Ahmad Hanafiah, yang juga tokoh NU dan putra daerah Lampung, dikenal sebagai pejuang yang memimpin perlawanan atas agresi militer Belanda di Lampung pada 1947.

 

Sekilas Hari Pahlawan Nasional 2023

Hari Pahlawan adalah waktu yang tepat untuk merenungkan kontribusi dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan untuk mengatasi kemiskinan dan kebodohan serta menjadikan masa depanbangsa lebih adil, cerdas, dan makmur. Hal itu sesuai dengan tema Hari Pahlawan 2023, yakni "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".



Infografis Terkait