Lihat Semua : infografis

Candi Borobudur, 1 dari 7 Keajaiban Dunia


Dipublikasikan pada 5 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 2.455


Indonesiabaik.id - Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi paling populer di Magelang, Jawa Tengah dan masuk dalam 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia. Keberadaannya tidak hanya terkenal di kancah nasional saja, namun juga tingkat international.

Fakta Menarik Candi Borobudur

Candi Buddha terbesar di Indonesia ini menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Candi Borobudur hingga kini diperkirakan berusia sekitar 12 abad atau 1200 tahun an. Hal ini didukung dari penemuan-penemuan yang menyatakan pembuatan candi ini dimulai pada abad 8 atau 9 masehi.

Pada tahun 1991, candi Borobudur ditetapkan sebagai salah satu benda budaya peninggalan masa lampau atau situs warisan dunia. Candi ini merupakan benda budaya yang mewakili mahakarya manusia jenius dan kreatif.

Total ada sekitar 2.672 pahatan relief yang tersebar di Candi berukuran 123 x 123 meter. Sebanyak 1.460 di antaranya bercerita tentang kisah Buddha, sisanya sekadar relief dekoratif. Selain itu, terdapat 504 arca Buddha yang terletak dalam 432 relung dan 72 stupa berlubang. Ada pula 100 talang berbentuk patung ikan berkepala gajah sebagai saluran air. 

Candi Borobudur juga menjadi salah satu objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Sepanjang tahun candi ini selalu dipadati oleh turis yang datang dari berbagai daerah dan negara. Pesona keindahan Candi Borobudur juga pernah menarik perhatian Mark Zuckerberg, Obama, Petro Poroshenko, hingga Tenzin Gyatso.



Infografis Terkait