Lihat Semua : infografis

Gen Z Indonesia Internet-an Mulu


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 6.860


Indonesiabaik.id - Kemampuan masyarakat Indonesia dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital secara umum terbukti makin membaik sejak awal pandemi sampai sekarang. Bahkan, ternyata orang Indonesia memang suka screen time atau main internet lebih dari 6 jam.

Durasi Penggunaan Internet

Berdasarkan data Kementerian Kominfo dalam laporan survei Status Literasi Digital di Indonesia 2022, mencatat pola perilaku digital masyarakat Indonesia, salah satunya terkait durasi penggunaan internet.

Nah, mayoritas responden Gen Z (35%) dan Gen Y (26%) menggunakan internet lebih dari 6 jam per hari. Sementara yang mengakses internet lebih dari 6 jam per hari di kelompok Gen X dan Boomers lebih sedikit, yakni hanya 19%.

Adapun sebagian besar Gen X dan Boomers mengakses internet antara 1-2 jam per hari, dengan rincian seperti terlihat pada grafik. Jadi, jika semua kelompok usia itu digabung, mayoritas responden menggunakan internet lebih dari 6 jam per hari (26%), kemudian antara 1-2 jam (24%), dan 2-4 jam (24%).

Generasi Z dan Y cenderung mengakses internet lebih lama dibandingkan kohort lainnya. Pada kelompok muda ini, lebih banyak responden yang mengakses internet lebih dari 6 jam per harinya, sedangkan kebanyakan Generasi X dan Boomers mengakses selama 1 hingga maksimal 4 jam.



Infografis Terkait