Lihat Semua : infografis

Geopark Indonesia yang Mendunia


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 614


indonesiabaik.id - Hingga 2021, sudah ada 6 geopark di Indonesia telah diakui sebagai kawasan geopark dunia karena keunikan geologis, biologis, dan budayanya. Apa saja?

Geopark Apa Saja?

Ada beragam geopark di Indonesia yang telah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geoparks, di antaranya;

  1. Batur

Geopark pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks pada 2012.

Total ada 21 situs warisan alam yang tersebar di kawasan Geopark Batur, tepatnya di Kecamatan Kintamani dan Kabupaten Batur

  1. Ciletuh

Ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 2018. Geopark ini dikelilingi hamparan aluvial dengan bebatuan unik dan pemandangan yang indah. Tidak hanya itu, geopark ini juga memiliki pantai dengan ombak yang disukai para peselancar dunia.

  1. Belitong

Geopark ini merupakan bagian dari Provinsi Bangka Belitung, terletak sekitar 400 km sebelah utara Jakarta, ibu kota Indonesia, dan dikelilingi oleh Selat Karimata di sebelah utara, wilayah Jawa di sebelah timur dan selatan, serta Selat Gaspar di sebelah barat.

 

  1. Pegunungan Sewu

Telah diakui sebagai UNESCO Global Geoparks sejak 2015.

Ada berbagai peninggalan budaya paleolitikum-neolitikum, bahkan jika ditotal Geopark Gunung Sewu memiliki 33 situs warisan alam yang tersebar di Gunung Kidul (13 geosite), Wonogiri (7 geosite), dan Pacitan (13 geosite).

  1. Gunung Rinjani

Masuk sebagai Global Geoparks setelah dinobatkan oleh UNESCO pada 2018. Geopark Gunung Rinjani memiliki keragaman flora dan fauna yang sebagian besar merupakan endemik.

  1. Danau Toba

Kaldera Toba atau yang lebih dikenal sebagai Danau Toba ditetapkan sebagai UGG pada sidang ke-209 dewan eksekutif Unesco di Paris pada 2 Juli 2020.



Infografis Terkait