Lihat Semua : infografis

Isu Prioritas Pembahasan pada Presidensi G20


Dipublikasikan pada 7 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Edy Pang / Desain : Edy Pang /   View : 2.069


indonesiabaik.id - Indonesia berperan sebagai presidensi G20 pada tahun 2022 ini. Tidak hanya sebagai tuan rumah, status Indonesia sebagai negara berkembang juga menempatkan Indonesia sebagai representasi untuk mengangkat isu-isu yang dihadapi negara berkembang.

 

Isu Pertama: Arsitektur Kesehatan Global


Saat ini seluruh dunia sedang mengalami pandemi. Adanya Covid-19 menuntut setiap negara berperan dan saling bahu membahu untuk mengatasi pandemi. Di antaranya adalah meningkatkan hubungan antar negara dalam hal mencukupi kebutuhan dunia akan kesehatan. Kesehatan menjadi salah satu isu utama yang akan didorong pembahasannya di forum G20 kali ini.

 

Pemulihan global akibat dampak pandemi membutuhkan kerja sama global yang lebih kuat yang memastikan kesetaraan standar kesehatan global dan kolaborasi yang lebih erat untuk memastikan ketahanan komunitas global terhadap pandemi di masa depan.

 

Isu Kedua: Transformasi Digital dan Ekonomi
 

Digitalisasi ekonomi global yang cepat membutuhkan lanskap baru kerjasama antar negara dan semua pemangku kepentingan untuk mengamankan kesejahteraan bersama, termasuk bidang ekonomi di era digital.

 

Isu Ketiga: Transisi Energi Berkelanjutan

Tema prioritas yang diangkat lainnya terkait keamanan energi, kebutuhan mendesak untuk mempercepat transisi menuju sumber energi yang lebih bersih perlu ditangani dengan pendekatan dan dimensi baru, memastikan masa depan yang lebih bersih dan cerah bagi komunitas global.
 

  

Informasi selengkapnya bisa SohIB pelajari unduh di tautan linktr.ee/G20pedia



Infografis Terkait