Lihat Semua : infografis

Jangan Ragu! Tes Antigen dan PCR Punya Manfaat


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 4.377


Indonesiabaik.id - Untuk mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi serta penyebaran varian baru COVID-19, Kementerian Kesehatan mendorong daerah untuk menggencarkan 3T (Testing, Tracing dan Treatment), supaya bisa segera dilakukan tindakan penanganan.

Nah, guna mendeteksi virus, dilakukan test melalui Rapid Antigen dan Swab PCR.  Namun, sebagian warga masih ragu-ragu untuk melakukan tes usap rapid antigen atau PCR.  Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan, masyarakat tidak perlu ragu melakukan tes Covid-19. 

Manfaat Tes Antigen dan PCR

Dengan melakukan tes usap rapid antigen dan PCR, seseorang bisa mengetahui kondisi terkini mengenai kesehatan tubuhnya. Bila hasilnya positif COVID-19, maka bisa segera mengambil langkah-langkah untuk melindungi orang-orang di sekitar.

Jika hasilnya negatif, masyarakat harus tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan 3M yaitu sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan memakai masker. Namun, tidak menutup kemungkinan apabila ditemukan kasus dengan hasil pemeriksaan negatif, bisa saja ada kemungkinan terinfeksi tetapi tidak terdeteksi oleh alat tersebut karena akurasinya 80-95%.



Infografis Terkait