Lihat Semua : infografis

Jeda Penyuntikan Vaksin COVID-19 Dosis Ke-2


Dipublikasikan pada 29 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 235


indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan panduan terbaru tentang rentang waktu pemberian vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua.

Rentang Penyuntikan Vaksin Terbaru

Dalam siaran pers virtual di Youtube Setpres, Senin (12/4), dr Reisa Broto Asmoro kembali mengingatkan aturan terkait rentang penyuntikan dosis pertama dan kedua vaksin corona. Hal ini sesuai dengan panduan yang baru dikeluarkan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI.

Dalam panduan terbaru itu, terdapat penyesuaian yakni interval penyuntikan dosis pertama dan kedua vaksin AstraZeneca kini dipatok 12 minggu. Dari rentang penyuntikan yang awalnya 8-12 minggu.

Begitupun dengan vaksin COVID-19 jenis Sinovac, jarak antara pemberian dosis pertama dan kedua adalah 28 hari, baik untuk vaksin coronaVac Sinovac dan buatan Bio Farma.

Penyesuaian Pemberian Dosis Vaksin

dr Reisa menjelaskan, untuk AstraZeneca hasil kerja sama dengan COVAX Facility, disesuaikannya jarak penyuntikan dosis pertama dan kedua menjadi 12 minggu itu dilakukan agar jadwal lansia dan pelayan publik untuk dosis kedua dapat disamakan.

Berdasarkan para ahli, penyesuaian masa interval ini masih dapat memberikan imunitas optimal kepada penerima vaksin. Justru ini dapat membangun kekebalan tubuh selama dan semaksimal mungkin.



Infografis Terkait