Lihat Semua : infografis

Laporan Kerja Sejumlah Lembaga Negara


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 686


Indonesiabaik.id   -   Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota lembaga-lembaga negara yang disebutnya melakukan langkah extraordinary dalam menyelesaikan berbagai pekerjaannya.

Lembaga Apa Saja Ya?

Presiden memberikan ucapan terima kasih kepada BPK karena secara cepat telah memeriksa dan menyampaikan 1.180 laporan hasil pemeriksaan 2019. Kemudian juga memberikan 36.060 rekomendasi kepada pemerintah, dan memerintahkan penyetoran ke kas negara senilai Rp1,39 triliun. Jokowi pun berterima kasih kepada Mahkamah Agung (MA).

"Demikian pula halnya Mahkamah Agung yang menjamin kecepatan pelayanan persidangan di era pandemi. Penyediaan layanan persidangan virtual dengan menggunakan aplikasi e-court dan e-litigasi telah mempercepat persidangan di luar persidangan terbuka dan tatap muka," sebutnya.

Jokowi lalu menyampaikan terima kasih kepada Komisi Yudisial (KY). Keberhasilan MA, menurutnya, tak lepas berkat dukungan KY sesuai kewenangannya.

"Keberhasilan MA tersebut juga berkat dukungan dari Komisi Yudisial sesuai kewenangannya. Pengusulan calon Hakim Agung, calon hakim ad hoc Tipikor, dan calon hakim ad hoc Hubungan Industrial tetap berjalan lancar. Demikian pula halnya dengan pelaksanaan program peningkatan kapasitas hakim, pemantauan persidangan, investigasi, dan advokasi hakim. Sepanjang tahun 2019 hingga Juni 2020, KY telah menangani 1.584 laporan masyarakat dan merekomendasikan 225 penjatuhan sanksi" papar Jokowi.

Mahkamah Konstitusi (MK) juga mendapat sanjungan dari presiden. Jokowi memuji MK karena berhasil mempercepat jangka waktu penyelesaian perkara pengujian undang-undang dari waktu penyelesaian 101 hari kerja per perkara di 2017 menjadi rata-rata 59 hari kerja per perkara.

"Sepanjang tahun 2019 hingga awal tahun 2020, MK telah menyelesaikan 122 perkara pengujian undang-undang. Pada saat yang sama, perluasan kerja sama di dalam maupun di luar negeri terus ditingkatkan. MK aktif menginisiasi dan mengkoordinasi berbagai kegiatan di tingkat regional maupun global agar sistem hukum kita dijadikan rujukan bagi negara-negara demokrasi di berbagai penjuru dunia," tutup Jokowi.



Infografis Terkait