Lihat Semua : infografis

Program Kartu Prakerja DILANJUTKAN di Tahun 2023


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 965


Indonesiabaik.id - Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja di tahun 2023. Program ini akan lebih difokuskan pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja, berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pascapelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

Target Kartu Prakerja

Kartu Prakerja akan dilanjutkan dengan skema normal pada 2023 dan akan melanjutkan hingga akhir kuartal IV-2022. Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp5 triliun dengan target 1,5 juta orang.

Karena itu, kepada seluruh pihak agar dapat mulai melakukan persiapan serta sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan terkait adanya berbagai perubahan mengingat skema normal akan segera dilaksanakan pada awal tahun 2023.

Besar Bantuan

Terkait dengan pelaksanaan skema normal tersebut, kata Airlangga, pada tahun 2023 pemerintah akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp4,2 juta per individu dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Jumlah ini berbeda dengan skema Kartu Prakerja sebelumnya dengan nominal uang tunai yang lebih banyak diterima peserta Prakerja.  Sebelumnya penerima Kartu Prakerja mendapat sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya:

  1. Bantuan biaya pelatihan Rp1 juta
  2. Insentif pasca pelatihan 4 x Rp 600.000 atau Rp2,4 juta
  3. Insentif pengisian survei total mencapai Rp150.000


Infografis Terkait