Lihat Semua : infografis

Tukar Uang Baru untuk Lebaran 2021


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 199


Indonesiabaik.id - Bank Indonesia (BI) telah menetapkan layanan penukaran uang di periode Ramadan dan Idul Fitri dengan pecahan nominal ribuan hingga puluhan ribu.

Penukaran Uang Lebaran

Terkait kebiasaan masyarakat yang menukarkan uang baru untuk Lebaran, Bank Indonesia (BI) pun telah mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang baru menjelang Idul Fitri. Penukaran uang tahun ini bisa dilakukan di sebanyak 4.608 kantor cabang atau outlet bank umum.

Bahkan, BI menyiapkan Rp152,14 triliun uang kartal untuk ditukarkan pada periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Kebanyakan uang baru merupakan pecahan Rp100.000 dan Rp50.000, sedangkan sisanya merupakan uang dengan pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Lokasi dan Syarat Penukaran

Untuk bisa mendapatkan uang baru yang dibutuhkan, masyarakat hanya perlu datang ke kantor-kantor bank yang telah ditunjuk. Pelayanan penukaran uang sudah dibuka sejak 12 April-11 Mei 2021. Selain itu, tidak ada peraturan khusus yang harus dilakukan oleh masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang baru di bank.

Sama dengan seperti tahun lalu, layanan penukaran uang di BI tidak bisa dilakukan secara individual atau ritel, tetapi bisa dilakukan secara wholesale atau berkelompok.



Infografis Terkait