Lihat Semua : videografis

Sejarah Seragam Satpam


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 426

indonesiabaik.id - Belakangan Polri mengungkap tengah mengkaji perubahan warna seragam menjadi krem untuk menghindari kebingungan di masyarakat dalam membedakan antara anggota Polri dengan satpam.

Sejarah Seragam Satpam
Sejak dibentuk pada 1980, digunakanlah warna putih dan biru tua untuk seragam satpam gedung atau perusahaan, serta biru tua untuk penempatan di lapangan.
Hingga tahun 2020, jenis dan tampilan seragam satpam kemudian diperbarui, tercantum dalam lampiran Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 dengan diubah menjadi warna coklat dengan tampilan seragam menyesuaikan jenisnya.
Terdapat lima jenis seragam satpam antara lain Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).
Penggunaan warna seragam yang hampir sama dengan polisi ini dimaksudkan untuk menjalin kedekatan emosional antara institusi Polri dengan satpam.
Warna coklat merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan, pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman serta rasa percaya, keanggunan, ketabahan dan kejujuran.
Terbaru ini, rencana pengkajian perubahan warna seragam satpam kembali dilakukan, seragam baru satpam diganti menjadi warna krem dan akan diperkenalkan pada 30 Desember bertepatan dengan HUT Satpam Indonesia.
Seragam baru ini rencananya akan mulai berlaku mulai tahun 2023.



Videografis Terkait