Lihat Semua : videografis

Seleksi Masuk PTN 2023


Dipublikasikan pada 12 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Fitri Rizki Adinda /   View : 177

Mau daftar kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Sekarang sistem seleksinya ada perubahan. Dulu ada tiga jalur untuk masuk PTN, sekarang pun masih sama.

Perbedaan pertama adalah di jalur berdasarkan prestasi. Dulu namanya SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi). Sekarang berubah namanya jadi SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Nah, SNBP adalah berfokus pada 2 hal, yaitu Rata-rata nilai rapor semua mata pelajaran. Komponen minat dan bakat yang dihitung dari nilai rapor maksimal 2 mata pelajaran pendukung, dan/atau prestasi, dan/atau portofolio. (untuk program studi seni dan olah raga).

Kedua, jalur berdasarkan Tes. Dulu namanya SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Sekarang berubah namanya jadi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Nah, seleksi SNBT adalah gak ada lagi tes mata pelajaran atau Tes Kemampuan Akademik. yang ada hanya tes skolastik, yang mengukur Potensi kognitif (kemampuan menganalisis masalah), Penalaran matematika (kemampuan berhitung dasar), Literasi bahasa Indonesia dan Bahasa inggris (kemampuan pemahaman bahasa).

Yang ketiga, jalur mandiri berdasarkan PTN masing-masing. Pada jalur ini, tidak banyak perubahan. pemerintah hanya menekankan lebih transparan kepada PTN dalam kuota penerimaan, metode penilaian serta besaran dan penentuan biaya.



Videografis Terkait