Lihat Semua : infografis

3 Kombinasi Awal Booster Vaksin Covid-19


Dipublikasikan pada 8 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 13.662


Indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan mengatakan vaksin Booster dimulai tanggal 12 Januari 2022 sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Program vaksin booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia.

Rekomendasi kombinasi vaksin booster

Kementerian Kesehatan menyebut, sesuai dengan pertimbangan kesiapan vaksin dan hasil riset peneliti konfirmasi Badan POM dan Itagi, maka kombinasi vaksin menjadi sebagai berikut:

  1. Vaksin primer Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer
  2. Vaksin primer Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis AstraZeneca
  3. Vaksin primer AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

Seluruh kombinasi ini dinyatakan sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM dan juga rekomendasi dari ITAGI. Kombinasi vaksin booster juga sudah sesuai dengan rekomendasi WHO di mana pemberian vaksin booster dapat menggunakan vaksin yang sejenis atau juga bisa vaksin yang berbeda atau heterolog.

Heterolog diartikan sebagai vaksinasi booster yang menggunakan jenis vaksin berbeda dengan dosis pertama dan dosis kedua. Sementara, homolog merupakan vaksinasi booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama seperti vaksinasi dosis pertama dan kedua.



Infografis Terkait