Lihat Semua : infografis

Ditetapkan Sebagai KLB, Kenali Ciri Gejala Polio


Dipublikasikan pada 1 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.129


indonesiabaik.id - Indonesia kembali ditetapkan status Kejadian Luar Biasa Polio pada 19 November 2022. Sebagai bentuk kewaspadaan, ketahui ciri-ciri gejala penyakit Polio.

Polio, Penyakit Berbahaya

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus bernama polio. Penyakit ini menyerang sistem saraf dan bisa menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga yang paling fatal adalah kematian.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut, penyakit polio rentan terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun, terutama anak yang belum imunisasi polio. Meskipun mayoritas menyerang balita, namun polio dapat menyerang siapa saja tanpa batasan usia.

Apa saja gejalanya?

Perlu dicatat, bahwa tak semua virus polio menyebabkan kelumpuhan. Pada beberapa kasus, infeksi hanya menimbulkan gejala ringan serupa flu atau penyakit infeksi lainnya.

Beberapa gejala yang muncul pada umumnya berupa demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan leher hingga nyeri tungkai.

Sementara pada kasus yang lebih serius, virus polio bisa menimbulkan kelumpuhan. Awalnya, pasien akan mengalami gejala ringan seperti di atas. Namun, pada rentang waktu seminggu kemudian, potensi gejala muncul berupa kehilangan refleks, otot terasa lemah sangat intens, hingga kaki terkulai.



Infografis Terkait