Lihat Semua : infografis

Cegah Anak dengan Vaksinasi Polio


Dipublikasikan pada 1 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 827


indonesiabaik.id - Masyarakat perlu meningkatkan pentingnya imunisasi polio sebagai bentuk pencegahan. Apalagi, saat ini polio ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) di Indonesia.

Cegah dengan Imunisasi

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pencegahan penyakit polio dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemberian imunisasi polio pada anak-anak.

Imunisasi merupakan tindakan yang paling efektif dalam mencegah penyakit polio.  Vaksin polio yang diberikan berkali-kali diklaim dapat melindungi seorang anak seumur hidup. Tak hanya itu, pencegahan penularan ke orang lain melalui kontak langsung (droplet) pun dapat dillakukan dengan menggunakan masker bagi yang sakit maupun yang sehat. Selain itu mencegah pencemaran lingkungan (fecal-oral) dan pengendalian infeksi dengan menerapkan buang air besar di jamban dan mengalirkannya ke septic tank.

Sekali lagi, seperti yang disebutkan Kemenkes, tidak ada obat poli. Polio hanya bisa dicegah dengan imunisasi. Adapun vaksin yang aman dan efektif yaitu vaksin polio oral (OPV) dan vaksin polio yang tidak aktif (IPV).



Infografis Terkait