Lihat Semua : infografis

EUA Vaksin Pfizer Terbit, Efikasi 100% untuk Usia 12-15 Tahun


Dipublikasikan pada 1 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 846


Indonesiabaik.id - Badan POM pada hari Rabu, 14 Juli 2021, telah menerbitkan EUA untuk satu jenis vaksin COVID-19 yang dikembangkan dengan platform mRNA, yaitu Vaksin Comirnaty yang diproduksi oleh Pfizer and BioNTech

EUA Vaksin Pfizer

Vaksin Pfizer menjadi kedua yang diberikan izin di Indonesia dengan platform m-RNA, berbeda dengan yang sebelumnya yang menggunakan metode inactivated virus yang didapatkan melalui kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

Tingkat efikasi vaksin buatan Pfizer-BioNTech mencapai 100 persen untuk masyarakat dengan usia anak atau remaja dalam rentang 12-15 tahun dan efikasi 95,5 persen untuk masyarakat di atas 16 tahun atau golongan dewasa.  Data imunogenisitas menunjukkan pemberian 2 dosis vaksin Comirnaty dalam selang 3 minggu menghasilkan respons imun yang baik.

Selain itu, hasil pengkajian menunjukan bahwa secara umum keamanan vaksin dapat ditoleransi pada semua kelompok usia. Kejadian reaksi yang paling sering timbul dari penggunaan vaksin ini, antara lain nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, nyeri sendi, dan demam.

Indonesia bakal menerima 50 juta dosis vaksin Pfizer lewat skema kerja sama antara Kementerian Kesehatan PT Pfizer Indonesia dengan BioNTech SE. Vaksin Pfizer akan masuk Indonesia secara bertahap dimulai Agustus bulan depan.



Infografis Terkait