Lihat Semua : videografis

Imunisasi PCV, Lindungi Anak dari Bahaya Radang Paru


Dipublikasikan pada 14 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 225

indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan mencanangkan pemberian imunisasi PCV tingkat nasional.

Jadi Imunisasi Wajib

Imunisasi Pneumokokus Konyugasi atau PCV kini menjadi satu dari 14 jenis imunisasi yang wajib diberikan untuk anak-anak Indonesia untuk melindungi dari penyakit berbahaya termasuk pneumonia atau radang paru. Program ini menyasar 4,6 juta anak dan balita di seluruh Indonesia.

Tak hanya melindungi dari bahaya pneumonia, imunisasi ini juga bertujuan untuk dapat mencegah anak terkena stunting. Sebab, pneumonia tidak hanya menyebabkan radang paru namun juga mengganggu gizi penderitanya.

Seberapa bahaya Pneumonia?

Kemenkes menyebut, pneumonia merupakan salah satu penyakit menular yang merupakan penyebab utama kematian pada anak-anak di dunia.

Pneumonia merupakan penyebab utama kematian pada bayi dan balita di dunia. Di Indonesia, sekitar 14,5% kematian pada bayi dan 5% kematian pada balita setiap tahunnya disebabkan karena pneumonia. Karenanya, imunisasi PCV menjadi sangat penting.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO bahkan telah merekomendasikan agar PCV masuk dalam program imunisasi rutin bagi anak di seluruh dunia. Imunisasi PCV akan memberikan perlindungan yang efektif untuk bayi dan anak-anak terhadap penyakit pneumonia atau radang paru akibat infeksi bakteri pneumokokus.

Pasalnya, penyakit ini dapat diobati jika terdiagnosa sedini mungkin serta dapat dicegah dengan imunisasi. Ini terbukti di negara-negara dimana imunisasi PCV merupakan bagian dari program imunisasi rutin.



Videografis Terkait