Lihat Semua : videografis

Lawan Corona: Lakukan Upaya Penting dengan Social Distancing


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.507

Indonesiabaik.id   -   Menyikapi semakin bertambahnya pasien positif Corona di Indonesia, pemerintah memberikan kebijakan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran COVID-19 bisa dihambat dan berkurang.

Sebagaimana diketahui, terkait hal tersebut, Presiden telah mengimbau agar masyarakat mulai mengurangi aktivitas di keramaian seperti mengurangi pergerakan dan mengurangi pertemuan-pertemuan. 

Segala jenis kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat diminta untuk ditunda, serta meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit umum daerah setempat. Dengan adanya Social Distancing dianggap mampu menekan risiko penyebaran virus corona di masyarakat. 

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Social Distancing?

Center for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, menjelaskan bahwa Social Distancing adalah menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar-manusia.

Social Distancing merupakan suatu praktik kesehatan dalam masyarakat untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dengan orang yang sehat guna meminimalisir peluang penularan penyakit. Praktiknya, bisa seperti membatalkan acara pertemuan kelompok atau menutup ruang publik, serta menghindari keramaian.

Dalam penyebarannya, virus corona menular antarmanusia melalui droplet (partikel air liur) saat penderita bersin atau batuk. Itulah pentingnya Social Distancing perlu dilakukan dengan serius. 

Langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam mempraktikan Social Distancing di antaranya:

  1. Anda harus memastikan jarak minimal satu meter dengan orang lain.

  2. Mengurangi aktivitas di keramaian dan pertemuan-pertemuan

  3. Dianjurkan tidak berjabat tangan atau berpelukan saat bertemu orang lain.

  4. Menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti supermarket, bioskop, dan stadion.

  5. Bekerja, belajar, beribadah dan olahraga di rumah

Jika Social Distancing dikerjakan baik dengan solidaritas tinggi oleh masyarakat, penyebaran penyakit COVID-19 diyakini pasti berkurang. Mari sama-sama sobat SohIB, kita lakukan Social Distancing, untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.



Videografis Terkait