Lihat Semua : videografis

Panglipuran, Desa Terbersih dan Tangguh Bencana


Dipublikasikan pada 1 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 201

indonesiabaik.id - Salah satu desa terbersih di dunia ada di Indonesia yaitu desa Panglipuran.

Salah Satu Desa Terbersih 

Desa yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali, ini mengusung konsep pelestarian budaya dan tradisi, serta mengedepankan konservasi lingkungan.

Uniknya, desa ini mengusung patokan adat yang sudah turun-temurun, yakni dibangun dengan Konsep Tri Mandala yaitu Utama Mandala (tempat beribadah), Madya Mandala (rumah penduduk) dan Nista Mandala (pemakaman).

Desa bersih dan rapi dengan luas 112 hektare ini bahkan telah berhasil menyabet beberapa penghargaan hingga kancah internasional, seperti: Kalpataru, ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award) 2017, dan Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation.

Desa Tanggap Bencana

Hal yang lebih mengagumkan, lewat Desa Wisata Penglipuran, dunia dapat melihat kehebatan Indonesia dalam hal kesiapsiagaan bencana.

Indonesia telah melakukan upaya pengurangan risiko bencana (PRB) melalui hidup yang harmonis dengan alam sejak dulu kala.

Kearifan lokal terbentuk mulai dari harmonisasi alam dalam segi pembangunan dan tata ruang, hingga sikap masyarakat gotong royong sebagai bagian kehidupan.



Videografis Terkait