Lihat Semua : infografis

Apakah Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Makanan?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 976


Indonesiabaik.id - Penularan Covid-19 melalui makanan masih menjadi pertanyaan sejumlah masyarakat. Bahkan, seiring penyebaran virus corona yang makin meningkat masyarakat khawatir Covid-19 bisa menyebar lewat makanan.

Lalu bagaimana faktanya?

Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM), WHO, dan Covid-19.go.id menyebutkan, virus penyebab Covid-19 belum terbukti bisa menyebar melalui makanan. Pasalnya, virus butuh inang atau jaringan hidup untuk bisa berkembang biak.

Penyebaran utama COVID-19 adalah melalui droplet yang dihasilkan saat orang berbicara, batuk, atau bersin, yang masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulut. Walaupun begitu, kita bisa terapkan cara konsumsi makanan yang lebih aman sehingga bisa menghindari penularan penyakit.

Cara Konsumsi Makanan dengan Baik

Mencuci tangan yang bersih sebelum makanan, memastikan makanan disajikan dengan penutup, serta mengelola makanan dengan aman.

Sebagai tambahan, sama seperti virus dan bakteri lainnya, virus penyebab COVID-19 juga tidak tahan panas, jadi pastikan memasak makanan hingga matang (setidaknya mencapai 70°C) dan atau panaskan kembali makanan bila diperlukan.



Infografis Terkait